SEKILAS INFO
: - Minggu, 24-10-2021
  • 3 tahun yang lalu / PRESTASI YANG OPTIMAL DENGAN NUANSA RELIGIUS
Vaksinasi Dosis 2 COVID -19 SMP Negeri 3 Kota Serang

Smp3kotaserang: Vaksin dosis 2 COVID – 19 hari pertama berjalan lancar.

Senin 11 Oktober 2021, kembali digelar vaksin dosis 2 Covid  -19 untuk siswa/i kelas 7,8,9 .Gugus covid membuat jadwal dalam pelaksanaan vaksin dosis 2 untuk menghindari kerumunan, Hari pertama senin 11/10/2021 di tujukan untuk kelas keseluruhan kelas 7 dan sebagian kela 8, hari ke dua  selasa 12/11/2021 ditujukan untuk sebagian kelas 8 dan keseluruhan kelas 9.

Kegiatan vaksinasi ini dimulai dari pukul 08.00 – 12.00, dan dilaksanakan dengan beberapa sesi untuk menghindari kerumununan. Kriteria pemberian vaksin dosis 2 ini adalah siswa yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dengan jarak dari vaksin pertama minimal 28 ( dua puluh delapan ) hari , membawa foto copy bukti vaksinasi tahap pertama,membawa foto copy kartu keluarga, mengikuti prokes Covid-19 ( memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir / hand sanitizer, menjaga jarak), dihimbau siswa/i istirahat malam yang cukup untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, siswa/i  harus makan sebelum berangkat ke sekolah , membawa bekel air minum. Usaha ‘ yang diberikan panitia satgas covid bukan untuk mempersulit tetapi demi menghindari resiko yang tidak diinginkan. Untuk membantu pelacakan serta menghentikan penyebaran virus corona, SMP Negeri 3 Kota Serang menerapkan aplikasi peduli Lindungi. Semua tamu melakukan Scan Barcode sebelum memasuki area sekolah. Filter ini untuk mengantisipasi penyebaran covid -19 di area sekolah. aplikasi ini sangat membantu meminimalisir kontak fisik karena tidak harus membawa dokumen kertas hasil tes covid-19 atau kartu vaksinasi.

Adapun alur  vaksinasi :

  • Cek prokes

Siswa calon penerima vaksin memasuki gerbang sekolah menerapkan prokes covid-19 menggunakan masker, cuci tangan menggunakan air mengalir/ hand sanitizer, jaga jarak, cek suhu.

  • Registrasi

Siswa/i calon penerima vaksin menunjukan foto copy bukti vaksinasi pertama dan kartu keluarga, lalu tanda tangan dan mendapatkan nomor antrian.

  • Waiting

Siswa/i calon penerima vaksin duduk menunggu pemanggilan screening sesuai dengan nomor antrian.

  • Screening

Siswa/i vaksinasi diukur tekanan darah (ditensi), dilakukan pemeriksaaan fisik sederhana dan diwawancara terkait riwayat kesehatan dan riwayat kontak dengan pasien covid-19.

  • Vaksinasi

Siswa/i penerima vaksin sehat, lolos screening maka diberikan vaksin covid-19 secara aman.

  • Observasi dan pencatatan

Petugas mencatat hasil pelayanan vaksinas, penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan kecil. Dan penerima vaksin memperoleh kartu vaksin.

Vaksinasi adalah suatu upaya untuk membentuk atau meningkatkan kekebalan tubuh, vaksin merupakan suatu antigen yang di masukan ke dalam tubuh untuk menghasilkan reaksi kekebalan tubuh terhadap penyakit. tujuan pemberian vaksinasi adalah untuk mencegah COVID 19 bukan mengobati, untuk itu tetap harus disertai protokol kesehatan misalnya dengan selalu menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan, mengenakan masker dan rajin mencuci tangan.

Robin Firdaus selaku ketua Satgas covid SMPN 3 kota Serang menyampaikan Alhamdulilah hari pertama untuk kelas 7 dan 8 pemberian vaksin dosis kedua berjalan dengan lancar, dengan jumlah penerima  vaksin dosiss 2 sebanyak 303 peserta.

Selasa 12 Oktober 2021,Wakil Wali Kota Serang Bp. H Subadri Usuludin, SH ,meninjau pelaksanaan program vaksin dosis 2 di SMP Negeri 3 kota serang.

Hari ke dua pelaksanaan vaksinasi target 350 dosis, sesuai jadwal hari ini vaksin diperuntukan untuk sebagian kelas 8 dan keseluruhan kelas 9, kesadaran akan fungsi dan manfaat vaksin sudah sangat di rasakan oleh siswa/i ,terlebih dengan aturan boleh mengikuti kegiatan PTMT apabila siswa/i sudah di vaksin. Bp/ ibu walas hanya memberikan informasi melalui grup kelas masing’ dan Alhamdulilah siswa/i sangat merespon positif terhadap informasi tersebut sehingga kegiatan berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

H .Subadri Usuludin, SH dalam kunjunganya ,menghimbau kepada anak’ untuk tidak takut di vaksin karena vaksin sudah dijamin aman. beliau memberikan pertanyaan kepada siswa/i “ enak daring apa tatap muka? Serempak siswa/i menjawab tatap muka. Nah betul enak tatap muka bisa belajar barsama bp/ibu guru ujar beliau kepada siswa/i . nah itu jangan takut di vaksin.

Wakil Wali Kota Serang bersama siswa/i SMP Negeri 3 Kota Serang

selain memberikan semangat pada siswa/i wakil wali kota juga memberikan semangat kepada Dinkes Puskesmas Unyur dan beliau mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik puskesmas dengan SMP N 3 Kota Serang. Beliau juga mengapresiasi SMP Negeri  3 Kota Serang yang sudah Menerapkan Aplikasi peduli Lindungi dan menerapkan prokes kesehatan yang sangat baik. Robin firdaus selaku ketua gugus covid di akhir kegiatan menyampaikan Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan lancar dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksin, beliau juga menyampaikan total siswa yang sudah di vaksin selama 2 hari adalah 612 peserta dari target 770 peserta , Dengan rincian hari pertama 303 dan hari kedua 309 serta 158 siswa diharapkan bisa segera menyusul untuk melakukan vaksin di Puskesmas Unyur yang di jadwalkan setiap hari Jumat.

# Vaksinasi Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

%d blogger menyukai ini: