SEKILAS INFO
: - Selasa, 27-07-2021
  • 3 tahun yang lalu / PRESTASI YANG OPTIMAL DENGAN NUANSA RELIGIUS
A. VISI

PRESTASI YANG OPTIMAL DENGAN NUANSA RELIGIUS

B. MISI

 

  1. Menjamin Pengendalian mutu pendidikan yg sesuai degan SNP melalui evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi.
  2. Membangun pendidikan secara terencana, terarah dan berkelanjutan yang sesuai dengan tuntutan  kehidupan lokal, nasional dan global.
  3. Turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  4. Membangun kemitraan masyarakat dalam mengaksesibilitas layanan pendidikan.
  5. Meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu dan berdaya saing, untuk membentuk kepribadian yang bermoral agama, berbudi pekerti, berakhlak mulia, cerdas dan berbudaya Indonesia serta berwawasan internasional.
  6. Mewujudkan tenaga pendidik sesuai dengan standar tenaga pendidik dan kependidikan dalam SNP.

 

Tujuan Sekolah :

  1. Pencapaian Standar proses pembelajaran meliputi; pembudayaan metode CTL,
  2. pendekatan pembelajaran tuntas dan Penelusuran dan pengembangan bakat minat siswa.
  3. Pencapaian pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  4. Pencapaian standar ketuntasan kompetensi dan kelulusan
  5. Mewujudkan sekolah hijau (Green School)
  6. Pencapaian standar sarana prasarana meliputi; semua sarana prasarana, fasilitas, peralatan dan perawatan yang memenuhi SPM.
  7. Mengembangkan potensi olah raga dan kesenian.
  8. Mewujudkan budaya kreatif, inovatif dan gemar melakukan penelitian
  9. Mewujudkan sekolah berwawasan teknologi
  10. Mewujudkan budaya berprestasi di semua bidang.
  11. Pencapaian optimalisasi peran masyarakat terhadap pendidikan
  12. Peningkatan pembinaan prestasi non akademik  sehingga anak mampu mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan , potensi , bakat , minat , kondisi, dan perkembangan peserta didik sesuai dengan  kondisi sekolah.
  13. Terwujudnya  budaya, akhlak yang Islami dalam kehidupan sehari-hari.

 

MOTTO  SEKOLAH :

 

“Smart is Crucial, Personality is More”

CERDAS ITU PENTING, TAPI KEPRIBADIAN  JAUH LEBIH PENTING

 

 B.      Sasaran Pengembangan

Sasaran Pengembangan untuk tahun pembelajaran 2015-2016 :

  1. Angka kelulusan mencapai 100 %
  2. Rata-rata Nilai UN minimal 55
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal  75
  4. Angka siswa melanjutkan min 45%
  5. Pelaksanaan ekstra kurikuler berjalan lancar
  6. Peningkatan keamanan sekolah
  7. Menumbuhkan budaya hidup sehat dan bersih
  8. Bebas buta huruf hijaiyah & hafal Asmaul Husna

 

Sasaran pengembangan untuk tahun pembelajaran 2016-2017 :

  1. Angka kelulusan  mencapai 100 %
  2. Rata-rata Nilai UN minimal 57,5
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal 77
  4. Angka melanjutkan minimal 50 %
  5. Menunjukan kemampuan pada bidang ekskul dalam kegiatan kegiatan di sekolah
  6. Peningkatan Keamanan Sekolah
  7. Menumbuhkan Budaya Hidup Sehat
  8. Fasih Membaca Alquran
  9. Memiliki tim olah raga  dan Kesenian  minimal 2 cabang untuk menjadi finalis tingkat Kota dan provinsi

 

Sasaran Pengembangan untuk tahun pembelajaran  2017-2018  :

  1. Angka kelulusan mencapai 100%
  2. Rata-rata nilai UN minimal 60
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal 79
  4. Angka Melanjutkan minimal 55%
  5. Memiliki tim olah raga  dan Kesenian  minimal 3 cabang untuk menjadi finalis tingkat Kota dan provinsi
  6. Peningkatan keamanan sekolah
  7. Menumbuhkan Budaya Hidup Sehat
  8. Seluruh peserta didik bebas buta huruf Hijaiyah & mampu membaca Al Qur’an
  9. Hapal surat-surat pendek Alquran minimal 10 surat

 

Sasaran Pengembangan untuk tahun pembelajaran  2017-2018:

  1. Angka Kelulusan minimal 100 %
  2. Rata-rata nilai UN Minimal 65
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal 80
  4. Angka melanjutkan sampai 60%
  5. Memiliki tim olah raga  dan Kesenian  minimal 4 cabang untuk menjadi finalis tingkat Kota dan Provinsi
  6. Peningkatan Keamanan Sekolah
  7. Pembiasaan melakukan penelitian ilmiah di lingkungan sekolah
  8. Tercipta Budaya Hidup Sehat dan Bersih
  9. Hapal surat-surat dalam Alquran minimal 15 surat

 

Sasaran Pengembangan untuk tahun pembelajaran 2018-2019:

  1. Angka kelulusan mencapai 100%
  2. Rata-rata nilai UN minimal 67
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal 80
  4. Angka siswa melanjutkan 75%
  5. Memiliki tim olah raga  dan Kesenian  minimal 5 cabang untuk menjadi finalis tingkat Kota, Provinsi dan nasional
  6. Tercipta lingkungan sekolah yang kondusif
  7. Tersusun Mulok kecakapan hidup
  8. Hapal surat-surat dalam Alquran minimal 20 surat

 

C.      Tantangan SMP Negeri 3 Kota Serang

SMP Negeri 3 Kota Serang merupakan sekolah yang berada di wilayah Kota Serang, tepatnya di kecamatan Serang, yang posisinya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Serang sehingga sekolah ini berada di daerah sub urban yang masyarakatnya memiliki karakter tersendiri. Oleh karena itu untuk mengembangkan sekolah ini diperlukan perencanaan yang lebih khusus dan komprehensif,  karena sekolah ini memiliki tantangan yang spesifik, antara lain :

  1. Adanya ketimpangan dengan sekolah maju yang ada di dalam kota merupakan tantangan nyata yang dihadapi, agar segera mensejajarkan bahkan bila memungkinkan dalam bidang-bidang tertentu mampu mengunggulinya.
  2. Masih kurangnya sarana dan prasarana, misalnya ruang penunjang , media pembelajaran, sarana olahraga, peralatan kantor, peralatan pembelajaran dan lain-lain sebagainya, merupakan tantangan yang harus disikapi dengan seksama agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.
  3. Tenaga pendidik masih banyak membutuhkan pelitahan-pelatihan peningkatan mutu guru.
  4. Tenaga administrasi dan penjaga sekolah juga masih kurang, tetapi kekurangan ini ditutup dengan tenaga administrasi tidak tetap yang jumlahnya cukup banyak yaitu 6 orang. Hal ini cukup membebani pembiayaan rutin sekolah, sedang bila akan dikurangi mereka rata-rata telah berjuang sejak sekolah baru berdiri.
  5. Intake peserta didik / rata-rata peserta didik yang masuk adalah peserta didik rangking menengah ke bawah. Di samping itu kebanyakan latar belakang ekonomi orang tuanya juga menengah ke bawah. Kondisi ini merupakan tantangan tersendiri untuk dapat membimbing peserta didik agar dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  6. Kerjasama dengan berbagai pihak belum dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu selalu diusahakan terobosan-terobosan baru untuk menggalang kerjasama dengan berbagai pihak agar diperoleh dukungan yang signifikan bagi pengembangan sekolah.

 

D.      PROGRAM STRATEGIS

 

Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan maka dapat disusun program strategisnya sebagai berikut:

  1. Pengembangan sistem pengajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan dengan metode CTL
  2. Pengembangan kurikulum muatan lokal, kurikulum life skill dan pengembangan diri.
  3. Pengembangan Pengembangan silabus, pemetaan, RPP dan sistem penilaian.
  4. Pengembangan sekolah berwawasan lingkungan.
  5. Pengembangan sarana prasarana.
  6. Pengembangan bidang olah raga dan kesenian yang potensial.
  7. Pengembangan kegiatan lomba-lomba akademik mupun non akademik
  8. Pengembangan sistem informasi pendidikan.
  9. Pengembangan manajemen dan pengelolaan sekolah.

 

E.       STRATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN

 

  1. Program pengembangan sistem pengajaran; strateginya adalah mengirimkan guru- guru dalam pelatihan, MGMP atau workshop, In house traininng untuk menghasilkan pengetahuan dan ketrampilan sistem pengajaran yang efektif.
  2. Program pengembangan Silabus; strateginya dengan melaksanakan workshop di setiap awal semester untuk membuat silabus, RPP, pemetaaan, penentuan nilai KKM dan sistem penilaian untuk melengkapi dokumen II Kurikulum.
  3. Program pengembangan sekolah berwawasan lingkungan; strateginya dengan penanaman pohon-pohon penghijauan ataupun produktif di lingkungan sekolah, pembuatan taman kelas, penyediaan tempat sampah di masing-masing kelas dan penyediaan TPS.
  4. Program pengembangan Sarana dan prasarana; strateginya menjalin kerjasama dengan pihak orang tua siswa untuk membantu pengadaan sarana prasarana sekolah disamping mencari sumber dana dari pemerintah, melakukan perawatan berkala, melengkapi sarana prasarana kelas serta pemenuhan media pengajaran.
  5. Program Pengembangan olah raga dan kesenian; strateginya dengan mengadakan ekskul / pengembangan diri olah raga seperti basket, futsal, voli ball, serta mengembangkan kesenian marawis dan nasyid.
  6. Program pengembangan kegiatan lomba-lomba; strateginya dengan berperan aktif dalam kegiatan lomba-lomba yang  diadakan di tinngkat kecamatan, rayon, kabupaten maupun provinsi baik di bidang akademik maupun non akademik.
  7. Program pengembangan Sistem informasi Pendidikan; strateginya dengan mengadakan pelatihan guru-guru dibidang ICT, pemasangan internet.
  8. Program pengembangan manajemen dan pengelolaan sekolah; strateginya dengan peningkatan pembinaan warga sekolah, optimalisasi struktur organisasi sekolah sesuai dengan tupoksinya, pemberdayaan peran komite sekolah.

 

I.HASIL YANG DIHARAPKAN

 

1.     terwujudnya efektifitas kegiatan pembelajaran dan bimbingan

2.     terwujudnya peningkatan nilai akademis tiapa mata pelajaran

3.     terealisasinya lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk belajar

4.     terealisasinya peningkatan potensi siswa pada bidang olah raga

5.     terealisasinya peningkatan siswa yang mengenal dan memanfaatlkan potensi diri denagn maksimal

6.     terwujudnya peningkatan pengamalan dan penghayatann agama yang dianut

7.     teralisasinya peningkatan semangat siswa untuk kreatif,inovatif,agamis dan islamis

8.     terwujudnya semangat berprestasi bagi seua wrga sekolah

9.     terealisasinya  pertumbuhan dan semagat siswa dalam karya ilmiah

10.   terealisasinya peningakata kesadaran masyarakat akan pentinganya pendididkan

statistik

Flag Counter